30
JAN
2017

Bimbingan Teknis Produksi IKM Pakaian Jadi

Program Strategis Kementerian Perindustrian dalam Pemerataan Pengembangan Industri di Morowali- Sulawesi Tengah

Salah satu program utama kabinet kerja yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo saat ini adalah pemerataan pembangunan di segala aspek. Kementerian Perindustrian Repubik Indonesia secara aktif memfasilitasi pengembangan kawasan industri di luar Pulau Jawa untuk menciptakan pemerataan industri di Indonesia, baik yang berskala besar maupun kecil. Salah satu kawasan industri yang berhasil dikembangkan adalah Kawasan Industri Morowali – Sulawesi Tengah.

Kawasan Industri Morowali saat ini berhasil menyerap 11 ribu tenaga kerja yang bergerak dalam sektor industri baja dan logam. Hal ini memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar mulai dari pangan hingga pakaian jadi. Peluang ini mampu dilihat dan ditindaklajuti secara baik oleh Ditjend IKM Kementerian Perindustrian dengan menyelanggarakan Program Bimbingan Teknik Produksi dan Desain Pakaian Jadi bagi IKM di sekitar Kawasan Industri Morowali. Program Bimbingan Teknik ini dibuka oleh Menteri Perindustrian dilaksanakan selama 5 hari dengan mendatangkan instruktur dari Politeknik STTT Bandung. Jejak rekam Politeknik STTT Bandung dalam menyelenggarakan kegiatan pelatihan berbasis SKKNI dibalut dengan konsep edutainment workshop menjadi salah satu pertimbangan penting penunjukan instruktur dalam kegiatan ini.

IMG_20170112_034228

Menteri Perindustrian Bersama Instruktur Politeknik STTT Bandung dalam Kegiatan Bimbingan Teknik Produksi dan Desain Pakaian Jadi
bagi IKM di Kabupaten Morowali

Pada kegiatan ini masyarakat di sekitar kawasan Industri Morowali mendapatkan bantuan berupa 20 buah mesin jahit dan 5 buah mesin obras yang diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian kepada Bupati Morowali. Menteri Perindustrian berharap agar pengembangan industri morowali ini dapat menstimulus lahirnya wirausaha baru di bidang konveksi dengan menjadi mitra strategis dalam pemenuhan kebutuhan seragam pegawai yang berjumlah 22 ribu set setiap tahunnya.
Sesuai permintaan dari pihak industri dan masyarakat yang puas dengan penyelenggaraan kegiatan bimbingan teknik ini, dalam waktu dekat rencananya akan dilaksanakan program pendampingan calon wirausaha konveksi di Kabupaten Morowali. Melalui kegiatan yang diprakarsai oleh Ditjend IKM Kemenperin ini diharapkan para calon wirausaha dapat dibimbing oleh instruktur terbaik dari Politeknik STTT Bandung hingga siap menghasilkan seragam dengan kualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Leave a Reply

*

captcha *