21
FEB
2019

Politeknik STTT Bandung Peroleh Akreditasi Institusi A dari BAN-PT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua

Civitas akademika Politeknik STTT Bandung  yang berbahagia,

Akreditasi Perguruan Tinggi (PT)  merupakan penentuan standar mutu, proses evaluasi  dan penilaian secara komprehensif atas komitmen PT terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridharma PT, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan yang dikelolanya. Penilaian dilakukan oleh suatu lembaga yang independen, dalam hal ini adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN PT ) . Akreditasi juga sebagai upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni PT sehingga kualitas lulusan antara PT sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Gambar. 1 Kegiatan pada saat proses akreditasi.

Setelah melalui tahapan panjang dari penyiapan Borang Akreditasi, penyusunan Evaluasi Diri dan Lampiran dokumen pendukung, kemudian dilanjutkan dengan visitasi asesor AIPT, Politeknik STTT Bandung  telah berhasil pada pencapaian yang membanggakan, yaitu  memperoleh Sertifikat Akreditasi  dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT ) melalui SK  BAN PT No. 13/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2019 Terakreditasi dengan peringkat Terakreditasi A

Alhamdulillah, berkat doa dan bantuan seluruh dosen, pegawai, mahasiswa, alumni serta industri pengguna lulusan yang telah  hadir meluangkan waktunya untuk menjawab dan mengklarifikasi langsung pertanyaan asesor dengan hebat  dan  memuaskan , sehingga mampu menjelaskan bahwa lulusan Politeknik STTT mempunyai kualitas unggul  dan diterima di industri dengan sangat baik.

Politeknik STTT Bandung menjadi Politeknik ke -7 yang memperoleh Akreditasi A di Indonesia atau Perguruan Tinggi ke – 86 dari 1986 PT yang telah memperoleh akreditasi institusi. Saat ini jumlah PT menurut data Dikti tahun 2017 sebanyak 3276 . Hal ini menjadi modal kita untuk menjadi role model pada penyelenggaraan pendidikan vokasi industri.

Tanpa kerjasama yang baik dari semua pihak, rasa nya tidak mungkin kita memperoleh pencapaian hebat ini…..  Terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada seluruh elemen sivitas akademika Politeknik STTT Bandung atas kerjasama, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhklasnya untuk mewujudkan visi kita : Menjadi Politeknik unggul dan terkemuka dalam pendidikan teknologi tekstil dan garmen yang menjadi role model pendidikan vokasi industri dalam menghasilkan lulusan kompeten yang mampu bersaing secara global

Akreditasi menjadi sebuah asset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi PT dalam tataran kompetisi pengelolaan dengan institusi PT lain serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna atau industri produk program PT untuk memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik.

Ini adalah keberhasilan kita bersama untuk selalu mewujudkan #PoliteknikSTTTlebihbaik. #Terimakasihsivitasakademika semoga pencapaian ini membawa berkah  bagi masyarakat tekstil di Indonesia.

Wasallamualaikum wr wb

Salam,

 

Tina Martina
Direktur Politeknik STTT Bandung