Kerjasama

Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di bidang Tekstil yang memiliki reputasi yang tinggi dibidang teknologi tekstil, Politeknik STTT Bandung telah menjalin kerjasama dengan ratusan industri tekstil di Indonesia, berbagai industri penyedia mesin tekstil bertaraf international, industri ataupun penyedia zat kimia dan zat warna baik dalam maupun luar negeri, lembaga-lembaga pemerintah serta lembaga terkait lainnya. Politeknik STTT Bandung menjalin kerjasama dalam bidang transfer teknologi maupun pelatihan dengan beberapa perusahaan dan institusi. Beberapa industri ataupun lembaga yang tercatat bekerjasama antara lain :

  • API (Indonesia)
  • IKATSI (Indonesia)
  • Apsyfi (Indonesia)
  • RIETER (Perusahaan pembuat mesin tekstil di Swiss) menyediakan mesin Drawing modern dan model compact spinning sebagai fasilitas praktek mahasiswa dan penelitian dosen serta menjadikan STTT Bandung sebagai pusat pelatihan konsumen Rieter.
  • Perwakilan Clariant (Swiss) di Indonesia.
  • Perwakilan Sandoz (Swiss) di Indonesia
  • PICANOL (Perusahaan pembuat mesin tekstil di Belgia) menyediakan mesin tenun modern sebagai fasilitas praktek mahasiswa dan penelitian dosen serta menjadikan STTT Bandung sebagai pusat pelatihan konsumen Picanol.
  • SAVIO (Perusahaan pembuat mesin tekstil di Italia) menyediakan mesin Winding modern dan model compact spinning sebagai fasilitas praktek mahasiswa dan penelitian dosen serta menjadikan STTT Bandung sebagai pusat pelatihan konsumen Savio.
  • Pemerintah Jerman melalui Indonesia German Institute (IGI)
  • Schlafhorst (Perusahaan pembuat mesin tekstil di Jerman) menyediakan mesin Open end Spinning dan mesin winding modern dan model compact spinning sebagai fasilitas praktek mahasiswa dan penelitian dosen serta menjadikan STTT Bandung sebagai pusat pelatihan konsumen Schlafhorst.
  • Perwakilan Groz Beckert (German) di Indonesia
  • Pemerintah Australia melalui Indonesia Australia Partnership for Skills Development (IAPSD)

Disamping kerjasama yang telah terjalin cukup lama dengan dunia industri maupun dengan dunia pendidikan dan lembaga riset baik dari dalam maupun luar negeri serta instansi pemerintah, pada saat ini Politeknik STTT Bandung menyelenggarakan kerjasama dengan pemerintah Jerman dengan memanfaatkan dana yang disediakan GTZ-KfW melalui IGI (Indonesia German Institute) untuk pengembangan Teknologi Tekstil.

 

Beasiswa

Pada dasarnya Politeknik STTT Bandung tidak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa, tetapi terbuka kemungkinan bagi mahasiswa yang memerlukan untuk mencari beasiswa sendiri dengan bantuan/rekomendasi dari Politeknik STTT Bandung atau beasiswa/ikatan dinas yang ditawarkan oleh industri dengan persyaratan berdasarkan pada pencapaian nilai akademik atau kemampuan finansial mahasiswa tersebut. Pada setiap tahunnya jumlah mahasiswa penerima beasiswa dari industri TPT dan instansi lainnya mencapai lebih dari 100 mahasiswa.

Perusahaan-perusahaan yang memberikan beasiswa, antara lain :
– Persatuan Orang Tua Mahasiswa (POM) Politeknik STTT Bandung
– PT. TIFICO
– PT. CENTEX
– PT. ARIANTO DARMAWAN
– ALUMNI ITT Angkatan 1964
– Dll.