Ruang dan Laboratorium

Ruang kuliah STT Tekstil memiliki luas 1.154 m2

Fasilitas ruang kuliah STT Tekstil :

  • Ruang kuliah nyaman ber-AC
  • OHP
  • Proyektor
  • Whiteboard
  • Layar
  • Kursi Chitos

Untuk penyelenggaraan pembelajaran, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil mempunyai fasilitas berbagai Laboratorium dengan luas total 3.108 m2 yang dilengkapi dengan mesin/peralatan yang relevan, terdiri dari Laboratorium :

1. Fisika Dasar

Laboratorium
Laboratorium Fisika Politeknik STTT Bandung memiliki dua buah laboratorium layanan untuk mahasiswa, yaitu: Laboratorium Fisika Dasar dan  Laboratorium Mekatronika.  Berbagai grup riset juga menginduk kepada laboratorium-laboratorium tersebut, sesuai dengan sub-bidang penelitiannya masing-masing.

Staf Akademik
Laboratorium Fisika diperkuat dengan seorang dosen tetap bergelar Master of Science bidang Fisika teori dan komputasi serta seorang dosen tidak tetap yang juga sebagai PLP lab Fisika dan bergelar Sarjana Teknik dengan keahlian bidang elektronika tegangan kuat.  Para dosen tersebut tersebar dalam berbagai grup riset dan laboratorium dengan beragam macam bidang keahlian ilmu fisika dan mekatronika.
Daftar dosen (staff akademik) Laboratorium Fisika  dapat dilihat berikut ini:
1.    Valentinus Galih Vidia Putra., S.Si., M.Sc.
2.    Endah P., S.T.
Laboratorium Fisika Dasar melayani Praktikum Fisika Dasar untuk mahasiswa semester I dan II Jurusan Teknik, Kimia dan Garmen di lingkungan Politeknik STTT Bandung. Saat ini, Laboratorium Fisika Dasar melibatkan  seorang staf dosen tetap dan 4 dosen luar, guna melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Tridharma Laboratorium Fisika
Pendidikan dan Pengajaran
Dharma Pendidikan dan Pengajaran dilaksanakan dengan praktikum mandiri (open ended) dan praktikum kolektif. Praktikum open ended dilaksanakan dengan cara mahasiswa menyiapkan alat, melakukan eksperimen dan analisisnya secara mandiri, sedangkan topik praktikum diberikan oleh pembimbing. Praktikum reguler dilaksanakan secara kolektif, dilaksanakan sesuai jadwal dan dibimbing oleh asisten dan dosen. Praktikum model ini diikuti oleh seluruh mahasiswa di semester I dan mahasiswa di semester II, yang tergabung dalam kelompok praktikum Fisika Dasar.
Penelitian
Laboratorium Fisika melaksanakan penelitian yang terbagi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok Ilmu Pengetahuan Dasar dan Terapan pada bidang Tekstil. Pengelompokan ini berdasar minat staf Laboratorium Fisika Dasar, dan peralatan yang tersedia.  Beberapa Penelitian staf Fisika yang telah diakui di dunia internasional dan di lingkup nasional antara lain terindeks di halaman www.scopus.com dan www.scholar.google.co.id  seperti pada Gambar-1 dan Gambar-2 di bawah

gbFis01

Gambar-1.Halaman di web  scopus.com

gbFis02

Gambar-2 Halaman di web Google Cendikia

Pengabdian masyarakat
Staf Laboratrium Fisika telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan cara memberikan penerangan dan demonstrasi alat kepada mahasiswa dan karyawan di lingkungan Politeknik STTT Bandung. Selain itu, staf Laboratorium Fisika Dasar juga memberikan workshop tentang praktikum Fisika Dasar dan teori ralatnya kepada dosen dari perguruan tinggi seperti AKOM Solo. Bentuk pengabdian lain oleh dosen Fisika Dasar adalah telah terbitnya dua buah buku ber ISBN ( dapat dilihat pada Gambar-3 di bawah)  yang dapat digunakan sebagai buku ajar dan buku referensi untuk mata kuliah Fisika teori dan Eksperimen.

gbFis03

Gambar-3 Buku Fisika yang telah Ber-ISBN

Kontak
Lab. Fisika,  Gedung Manunggal, Politeknik STTT Bandung, Jalan Jakarta No.31
Jawa Barat-40272
Telp 022-7272580 ext-150

2. Kimia Analisis
3. Pemintalan
4. Pertenunan
5. Perajutan
6. Persiapan & Pencelupan
7. Printing & Finishing
8. Kimia Fisika Tekstil
9. Evaluasi Tekstil Fisika
10. Evaluasi Tekstil Kimia
11. Studio Desain Tekstil

PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi tekstil saat ini sangat pesat, baik ditinjau dari teknologi mesin, bahan baku dan desain strukturnya. Hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan industri sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku indistri khususnya industri tekstil. Untuk mempersiapkan mahasiswa yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan tersebut maka diperlukan berbagai keterampilan salah satunya adalah keterampilan dalam membuat desain struktur.
Dalam kaitannya meningkatkan fasilitas pendidikan, Politeknik STTT Bandung sebagai satu satunya perguruan tinggi negeri tekstil di Indonesia dilengkapi dengan berbagai sarana pendidikan diantaranya laboratoriun Desain Tekstil yang ditunjang dengan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi dibidangnya. Pengelolaan Laboratorium Desain Tekstil berada dibawah program studi Teknik Tekstil. Profil ini disusun guna memberi gambaran sekilas tentang laboratorium Desain Tekstil dan pemanfaatannya serta  sebagai sarana dalam upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menguasai tehnologi khususnya desain struktur kain tenun.

KEADAAN RUANGAN DAN INVENTARIS
Laboratorium Desain Tekstil memiliki luas ± 180 m2 yang terdiri dari 2 ruangn praktikum yaitu ruang praktikum untuk Teknik Tekstil dan ruang praktikum untuk Kimia Tekstil.

JADWAL PENGGUNAAN LABORATORIUM
Laboratorium Desain Tekstil dibuka selama hari kerja dari Senin sampai Jumat mulai jam 08.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB
Saat ini Laboratorium Desain Tekstil digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk mata kuliah praktikun Desain Tekstil bagi Program studi Teknik Tekstil, Kimia Tekstil dan Produksi Garmen.
PENGELOLA LABORATORIUM
Pengelola Laboratorium saat ini terdiri dari :
1.    Kepala Laboratorium : Siti Rohmah AT, MT.
2.    Staf Laboratorium      : Resty Maystephany H., S.ST
TATA TERTIB LABORATORIUM
a.    Bagi Dosen
1.    Sebelum menggunakan laboratorium periksa terlebih dahulu seluruh peralatan, pastikan jumlah dan kondisinya.Gunakan peralatan hanya dengan kondisi baik.
2.    Letakkan peralatan yang sudah digunakan ke tempat semula.
3.    Isilah form penggunaan laboratorium bagi dosen atau mahasiswa diluar kegiatan belajar mengajar.
4.    Sebelum meninggalkan ruangan, pastikan lampu dan listrik dalam keadaan mati dan kran air ditutup dengan benar.

b.    Bagi mahasiswa
1.    Memasuki ruangan dengan tertib.
2.    Menyimpan tas pada rak yang sudah disediakan
3.    Menandatangani daftar kehadiran/ absen
4.    Dilarang mencorat coret fasilitas laboratorium
5.    Wajib menjaga kebersihan laboratorium
6.    Jika sudah selesai praktikum kumpulkan peralatan praktikum pada tempatnya
7.    ketua group praktikum wajib membagi jadwal piket dan mengawasi jalannya piket.

12. Workshop Pola
13. Workshop Garment
14. CAD for Pattern Making & Grading
15. Produksi Pakaian Jadi
16. Unit Komputer & TI

Unit Komputer & TI merupakan unit penunjang teknis di Politeknik STTT Bandung yang memberikan pelayanan menyediakan sarana dan prasarana Laboratorium Komputer untuk kebutuhan Kuliah Komputer dasar bagi mahasiswa dan pegawai, dan pelayanan dibidang Teknologi Informasi yang meliputi Perawatan Hardware, Software, Jaringan, dan akses Internet baik bagi pegawai maupun mahasiswa Politeknik STTT Bandung.

17. Unit Bahasa Politeknik STTT Bandung

Unit Bahasa adalah unit penunjang akademis di Politeknik STTT Bandung yang memiliki peran strategis dalam memberikan pelayanan di bidang kebahasaan kepada civitas akademika dan masyarakat luas.
Fungsi utama dari unit Bahasa adalah menunjang kegiatan belajar mengajar dalam mata kuliah Bahasa Inggris. Sedangkan fungsi lainnya antara lain: Melaksanakan pengujian Toefl Simulation Test (TST) bagi seluruh mahasiswa Politeknik STTT Bandung, Mengadakan pelatihan Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya bagi civitas akademika Politeknik STTT Bandung, serta memberikan pelayanan penerjemahan berbagai jenis buku teks akademik.
Fasilitas yang tersedia adalah: Satu ruang laboratorium bahasa yang dilengkapi  dengan peralatan multimedia, audio visual dan berpendingin udara dengan kapasitas maksimal 30 student unit.
Visi
“Menjadi Unit Bahasa yang mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris serta TST lulusan dengan minimal skor 400.”
Misi
Misi dari Unit Bahasa Politeknik STTT Bandung adalah:
1.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris.
2.    Menyelenggarakan pengujian TST.