Rekayasa Tekstil dan Apparel

banner-kurikulum-optimized
banner-pedoman-optimized
banner-dokumen-akreditasi-optimized

Sambutan Kepala Program Pasca Sarjana Terapan

Mohamad Widodo, A.T., M.Tech., Ph.D.

Mohamad Widodo, A.T., M.Tech., Ph.D.

Selamat datang di Program Studi Magister Terapan Rekayasa Tekstil dan Apparel (RTA).

Program ini merupakan rintisan program pasca sarjana terapan tekstil di Politeknik STTT Bandung yang nantinya diharapkan berkembang menjadi lebih banyak program studi pada jenjang S2 dan S3 sesuai dengan kebutuhan pengembangan dan penguatan industri tekstil nasional Indonesia. Didukung sepenuhnya oleh Kementerian Perindustrian, program ini didirikan serta dirancang khusus untuk mendukung visi pengembangan dan penguatan industri tekstil Indonesia di masa depan yang bercirikan kemandirian teknologi, inovasi dan berdaya saing. Ruang lingkup studinya berfokus pada aspek rekayasa dan meliputi keseluruhan rantai pasok dalam kegiatan manufaktur tekstil dan produk tekstil mulai dari pembuatan serat, benang dan kain hingga pemrosesan kain dan pakaian jadi, tekstil sandang maupun non-sandang, dan produk-produk apparel berteknologi tinggi.

Program ini didirikan pada tahun 2018 dan merupakan yang pertama serta masih satu-satunya di Indonesia. Pada saat ini, mahasiswanya sudah terdaftar dua angkatan dengan jumlah 31 orang. Kurikulumnya dirancang berdasarkan kebutuhan pengembangan industri tekstil Indonesia di masa depan dengan fokus pada penguasaan teknologi tekstil maju seperti smart textiles, medical textiles dan nanoteknologi yang berwawasan keberlanjutan (sustainable).

Pada 1 April tahun 2022 nanti Politeknik STTT Bandung akan genap berusia 100 tahun dan sekaligus menandai Satu Abad Pendidikan Tinggi Tekstil Indonesia. Program Studi Magister Terapan Rekayasa Tekstil dan Apparel terlahir di saat yang tepat untuk menyambut momen besar tersebut dan bertekad menjadi yang terdepan menghantarkan Indonesia memasuki era baru tekstil maju di masa depan.

Menjadi program studi magister terapan Rekayasa Tekstil dan Apparel yang terkemuka serta pusat keunggulan sains dan teknologi tekstil Indonesia bertaraf internasional yang diakui dunia

Menjadi pusat keunggulan sains dan teknologi tekstil Indonesia yang diakui secara nasional maupun internasional dan mampu memberikan solusi inovatif di bidang tekstil maju (advanced textiles), tekstil dan pakaian berkelanjutan (sustainable textiles and clothing), serta serat dan polimer dari bahan-bahan terbarukan dan berkelanjutan (renewable and sustainable materials) untuk kesejahteraan bangsa dan umat manusia.

  • Menyelenggarakan pendidikan magister terapan rekayasa tekstil dan apparel yang berkualitas dan profesional, kredibel dan visioner dalam rangka menghasilkan sdm industri yang mampu mengikuti perkembangan teknologi masa depan dan berdaya saing global.
  • Melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang rekayasa tekstil dan apparel melalui penelitian terapan dan pengembangan teknologi untuk membantu industri tekstil nasional dalam usaha mencapai kemajuan bangsa dan negara Indonesia serta kebaikan umat manusia.
  • Berperan aktif dalam pengabdian masyarakat dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi untuk pencapaian visi program studi.

Lulusan Master Terapan Rekayasa Tekstil dan Apparel Politeknik STTT Bandung mampu:

  • Mengembangkan produk-produk tekstil dan apparel yang inovatif menggunakan bahan-bahan alternatif terbarukan dan berkelanjutan.
  • Merancang produk tekstil cerdas untuk berbagai macam aplikasi baru di bidang medik dan keselamatan serta pertahanan dan keamanan.
  • Merancang dan mengelola proses produksi dan manufaktur tekstil dan garmen yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
  • Menyelesaikan permasalahan industri yang bersifat jangka panjang untuk perbaikan mutu produk maupun proses.
  • Mengembangkan produk-produk tekstil berbasis nanoteknologi.

1. STRUKTUR KURIKULUM


Tiga Bidang Kajian Inti dan Keunggulan Program Studi

  • Tekstil maju (tekstil teknik, tekstil cerdas, tekstil fungsional, fashionable technology, serat berunjuk kerja tinggi dan khusus, apparel teknologi-tinggi).
  • Teknologi proses produksi tekstil dan produk tekstil (apparel) yang inovatif dan berkelanjutan.
  • Bahan-bahan terbarukan dan berkelanjutan (renewable and sustainable materials).

 

2. SUSUNAN DAN SEBARAN MATA KULIAH

Mata Kuliah Wajib, Pilihan dan Prasyarat Kelulusan

Mata Kuliah Pilihan Umum (A) & Mata Kuliah Pilihan Khusus (B)

Penjelasan lebih lengkap mengenai kurikulum dan silabus, termasuk profil lulusan dan capaian pembelajaran, dapat dilihat pada Buku Pedoman Magister Terapan Politeknik STTT -V1.

Berita Pasca Sarjana

Prestasi mahasiswa magister RTA 2019 (Widiasari), meraih Juara 1 Indonesian Fashion and Craft Award 2021 kategori fesyen

Mengucapkan selamat dan ikut berbangga dengan prestasi Widiasari, mahasiswa magister RTA Angkatan II (2019), yang telah berhasil meraih Juara 1 Indonesian Fashion and Craft Award 2021 kategori fashion dengan karyanya yang berjudul Beri Aku Waktu (Selasa, 5 Oktober 2021). “Beri Aku Waktu” adalah sebuah karya fesyen bertema keberlanjutan berupa pakaian yang terbuat dari bahan nonwoven […]

Hasil Seleksi Mahasiswa Baru Program Magister TA 2021/2022 Gelombang 4

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik STTT Bandung Tahun Akademik 2021/2022 Program Magister Gelombang 4 telah dilaksanakan. Data pendaftar yang dinyatakan diterima menjadi calon mahasiswa baru Politeknik STTT Bandung Program  Magister Gelombang 4 dapat di unduh pada tautan di bawah ini : pengumuman seleksi USM magister gelombang IV surat pernyataan USM gelombang IV lampiran seleksi USM […]

Hasil Seleksi Mahasiswa Baru Program Magister TA 2021/2022 Gelombang 2 dan 3

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik STTT Bandung Tahun Akademik 2021/2022 Program Magister Gelombang 2 dan 3 telah dilaksanakan. Data pendaftar yang dinyatakan diterima menjadi calon mahasiswa baru Politeknik STTT Bandung Program  Magister Gelombang 2 dan 3 dapat di unduh pada tautan di bawah ini : SURAT KEPUTUSAN LULUS GELOMBANG 2 & 3 (2021) SURAT PERNYATAAN […]

X