Produksi Garmen

Sambutan Ketua Jurusan Produksi Garmen

Karlina Somantri, S.ST., M.M.

Karlina Somantri, S.ST., M.M.

Assalamualaikum wr. wb.

Segala puji bagi Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Berkehendak, semoga perlindungan dan karunia-Nya selalu menyertai kita semua. Meski di tengah keterbatasan akibat wabah Covid-19, puji dan syukur kita panjatkan atas terbukanya informasi mengenai Jurusan Produksi Garmen dan Produksi Garmen Konsentrasi Fashion Design melalui penyediaan laman website yang secara khusus berisi informasi seputar kegiatan akademik, laboratorium, ekstrakurikuler, artikel ilmiah dan lainnya. Terima kasih kepada seluruh jajaran Manajemen Politeknik STTT Bandung atas dukungan yang telah diberikan, juga kepada seluruh dosen, tenaga kependidikan, alumni, mahasiswa dan semua pihak yang secara bahu membahu akan berkontribusi dalam pengembangan konten website ini.

Fokus Studi jurusan Produksi Garmen adalah mempelajari tentang rekayasa proses produksi garmen. Keahlian inti seperti teknik pembuatan pola manual dan Computer Assisted Design (CAD), grading pola, analisa pemotongan & pemanfaaatan bahan, teknik menjahit dan analisa pemilihan mesin garmen akan diperoleh mahasiswa di jurusan ini termasuk ilmu tentang studi gerak dan waktu.

Program studi Produksi Garmen memulai pendidikannya pada tahun 2005. Pembukaan program studi ini berdasarkan permintaan kebutuhan tenaga kerja di bidang garmen yang terus meningkat. Program studi Produksi Garmen kemudian berkembang dan membuka konsentrasi Fashion Desain pada tahun 2009.

Pada tahun 2015 STTT berubah menjadi Politeknik STTT Bandung atas dasar penataan organisasi dan tata kerja satuan pendidikan tinggi vokasi di lingkungan Kementerian Perindustrian yang meliputi perubahan STTT menjadi Politeknik STTT Bandung sebagaimana disetujui oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui surat Nomor B/5782/M.PAN-RB/12/2014 dan ijin penyelenggaraan Program Studi Diploma Empat Politeknik STTT Bandung melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 497/E/2014. Dengan adanya perubahan tersebut maka kurikulum program studi disesuaikan kembali dan lulusan dari program studi Produksi Garmen akan mendapat gelar Sarjana Terapan Bisnis (S.Tr.Bns).

Program studi Produksi Garmen pada tahun 2016 telah mendapat akreditasi A, sesuai keputusan BAN PT RI 2445/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/X/2016.

Menjadikan Program Studi Produksi Garmen sebagai acuan dan pusat informasi dalam penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan dan pelatihan bidang keahlian produksi garmen serta dalam penanganan masalah-masalah yang berkaitan dengan operasional serta pengembangan Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) serta industri penunjangnya.

Mendidik mahasiswa menjadi tenaga ahli garmen sesuai dengan kebutuhan, melaksanakan penelitian aplikatif maupun sains dalam rangka membantu memecahkan masalah atau pengembangan industri TPT.

Profil atau karekteristik lulusan program studi Produksi Garmen adalah mampu mengelola proses produksi garmen, mulai dari merencanakan pekerjaan, bahan baku, sumber daya manusia, perhitungan biaya produksi dan pemilihan mesin yang akan digunakan pada proses produksi garmen, selain itu lulusan mampu menjaga dan mengendalikan kualitas produk yang dihasilkan selain mengevaluasi hasil produksi garmen dan memecahkan masalah bila diperlukan. Mampu mengikuti dan menerapkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini di industri garmen, serta mampu membaca peluang bisnis di bidang garmen

Lulusan program studi dapat berkarir untuk bidang dan jabatan pekerjaan teknisi pada level middle management di industri tekstil pemintalan, perajutan, pertenunan, non woven pada bagian Produksi dan Lembaga Pengujian Tekstil, Pemeliharaan Mesin, Research and Development, PPIC dan Quality Control. Sebagai teknisi pada industri tekstil tersebut lulusan selain mampu melakukan perancangan juga menyelesaikan masalah-masalah keteknikan di industri tekstil

Informasi Lainnya ...
X