Sambutan Direktur

Tina Martina, A.T., M.Si.

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum wr wb

Salam sehat dan sejahtera untuk kita semua,

Pada saat ini kita semua masih harus selalu saling mengingatkan untuk pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan, meskipun program vaksinasi sudah mulai dijalankan bukan berarti kita telah kebal terhadap virus covid 19, tetap harus waspada dan saling menjaga.

Politeknik STTT Bandung pada masa pandemik ini masih menjalankan kegiatan Belajar mengajar secara daring, tetapi kampus mulai membuka akses untuk mahasiswa Tugas Akhir yang akan melakukan penelitian dan pengujian di laboratorium, tetapi tetap dengan memberlakukan protokol kesehatan.

Kami tidak mungkin diam, tetapi harus terus bergerak dan berinovasi , tugas sebagai penyelenggaran pendidikan tinggi vokasi mencetak SDM industri menjadi tantangan tersendiri dalam mentransfer ilmu kepada seluruh mahasiswa kami. Dukungan dan semangat dari para dosen, staf pengajar dan tenaga kependidikan sungguh luar biasa, kerjasama industri yang terjalin dengan sangat baik serta  jejaring alumni yang sangat kuat  menjadikan Politeknik STTT tetap percaya diri mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing global.

Adapun dalam upaya membangun budaya kerja Kementerian Perindustrian, komitmen pencapaian reformasi birokrasi melalui penerapan zona integritas terus digaungkan pada semua satuan kerja di lingkungan Kementerian Perindustian, pencapaian predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) harus semakin banyak diperoleh oleh satker Kemenperin. Politeknik STTT Bandung telah berhasil memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2019 dan berkomitmen untuk dapat mencapai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tahun 2021 ini. Sehingga akan melengkapi capaian layanan kepada masyarakat yang sudah diraih  yaitu Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi berpredikat A yang diperoleh di bulan Februari tahun  2019.

Menginjak 100 Tahun  pendidikan tekstil Indonesia di tahun 2022, merupakan momentum yang sangat penting  bagi Politeknik STTT Bandung, berbagai perubahan signifikan telah tertulis sebagai rangkaian perjalanan panjang sejarah Pendidikan tekstil Indonesia. Textiel Inrichting Bandoeng (TIB) menjadi tonggak sejarah cikal bakal pertumbuhan dan perkembangan dunia pertekstilan di Indonesia, Kemudian dengan dikembangkannya ATM ( Alat  tenun mesin ) pada dekade 1930 – 1940 semakin mendorong pertumbuhan dan pengembangan industri  tekstil dalam menyiapkan tenaga ahli tekstil.

Pada usia nya sekarang, Politeknik STTT Bandung sudah sangat matang untuk memantapkan perannya sebagai pengemban amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi  sebagai Centre of Excellence dalam bidang sains dan teknologi tekstil diperkuat dengan bidang fashion yang semakin hari menguatkan bidang ini menjadi komoditas pasar yang luar biasa.

Menjadi Centre of Excellence berarti terus menerus meningkatkan kemampuan Politeknik STTT dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Upaya tersebut terus ditumbuhkan dengan berbagai cara, mulai dari meng-update mesin-mesin dan peralatan pengujian dengan teknologi terkini, meningkatkan SDM, meningkatkan kerjasama dengan institusi di dalam dan luar negeri, memperbanyak akses untuk penelitian serta sinergi dengan Balai Besar Tekstil maupun memperluas jejaring industri tekstil dan produk tekstil terkait.

Peringatan seratus tahun juga menjadi istimewa karena sejalan dengan visi pembangunan jangka panjang industri nasional. Visi tersebut mencita-citakan Indonesia menjadi negara industri tangguh dunia pada tahun 2025 ( Perpres No. 28 Tahun 2008 tentang Kebijakan Industri Nasional ) Politeknik STTT Bandung pada usianya yang akan mencapai  100 tahun ingin menjadi bagian dari pencapaian cita-cita tersebut, khususnya di bidang penyediaan SDM industry terdidik yang terampil dan andal maupun dalam pengembangan sains dan teknologi tekstil serta fashion di Indonesia, bahkan dunia ; Tekstil Indonesia dari kita untuk dunia !

Bandung, 25 Maret 2021

Direktur Politeknik STTT Bandung

 

Tina Martina

X