Pemerintah Republik Indonesia membentuk Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia secara terpadu. Politeknik STTT Bandung sebagai salah satu Unit Kerja Pendidikan Kementerian Perindustrian turut serta membangun lingkungan kerja untuk mencapai visi Good Governance, merasa perlu meningkatkan pelayanan khususnya dalam mengelola pengaduan dan aspirasi. Selain menggunakan media pengaduan berupa kotak pengaduan, whistle blowing system dan pengaduan secara langsung pada institusi kami, kini masyarakat khususnya stakeholder Politeknik STTT Bandung dapat membuat laporan dengan mudah melalui aplikasi SP4N LAPOR!.

Berikut ini langkah membuat laporan pada SP4N LAPOR! :

1. Mengakses ke laman lapor.go.id atau membuka link berikut

2. Saudara dapat memilih klasifikasi laporan berupa pengaduan, aspirasi maupun permintaan informasi

3. Membuat Judul Laporan dan mengisi laporan secara spesifik disertai dengan tanggal dan lokasi kejadian

4. Pada kolom Instansi Tujuan, saudara dapat memilih Kementerian Perindustrian

5. Pada kolom Kategori, saudara dapat memilih kategori Laporan Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian memilih sub kategori Pendidikan Tinggi dan klik pada bagian Politeknik.

6. Apabila saudara memiliki lampiran bukti yang perlu diunggah, silahkan menggunakan fitur Upload Lampiran

7. Fitur-fitur penting yang ada dalam Aplikasi SP4N-LAPOR!

Anonim : Fitur yang membuat identitas pelapor tidak akan diketahui oleh pihak terlapor dan masyarakat umum.

Rahasia : Fitur yang agar isi laporan tidak dapat dilihat oleh publik.

Tracking ID : Nomor unik yang berguna untuk meninjau proses tindak lanjut laporan yang disampaikan oleh masyarakat.

X