Dalam rangka pameran hasil produk ujian akhir semester, Prodi Produksi Garmen Konsentrasi Fashion Desain menggelar Virtual Fashion Exhibition Instagram @sttt_fd18 pada hari Sabtu, 20 Juni 2020. Pameran secara virtual ini digelar untuk menampilkan hasil karya mahasiswa Produksi Garmen konsentrasi Fashion Design pada beberapa mata kuliah, yaitu Praktikum Modifikasi Desain Fashion 2, Praktikum Reka Bahan dan Praktikum Fotografi 1.

Pameran ini merupakan kegiatan rutin Produksi Garmen konsentrasi Fashion Desain pada setiap akhir semester sebagai bentuk metode penilaian Ujian Akhir Semester, dan keterbatasan kondisi terkini akibat pandemi covid-19 tidak menyurutkan ide penyelenggaraan pameran tersebut. Secara virtual, hasil-hasil karya desain mahasiswa ditampilkan dalam bentuk video dan foto pada Feed Instagram dan IGTV.

Hasil karya mahasiswa dari mata kuliah Praktikum Modifikasi Desain Fashion 2 disajikan dalam bentuk video berdurasi 7 menit 13 detik, berisi moodboard dan ilustrasi desain busana ready to wear dari 43 orang mahasiswa Produksi Garmen konsentrasi Fashion Design angkatan 2018.

Pada mata kuliah praktikum Reka Bahan, hasil karya mahasiswa juga dikemas dalam bentuk video yang berdurasi 13 menit 48 detik. Video yang disajikan merupakan kompilasi karya busana ready to wear dengan penerapan teknik-teknik reka bahan, antara lain fabric manipulation, teknik aplikasi payet, sulam, korsase, teknik pewarnaan celup ikat, fabric painting, hingga penerapan makrame, tapestry dan knitting.

Selain hasil karya mahasiswa pada mata kuliah praktikum Modifikasi Desain Fashion 2 dan Reka Bahan, karya mahasiswa yang turut ditampilkan adalah hasil foto dari tugas akhir mata kuliah praktikum Fotografi 1. Yang menarik dari pameran fotografi ini adalah pembuatan foto social campaign dengan ragam tema untuk menanggapi kondisi akibat pandemi covid-vietang dibuat oleh mahasiswa terdiri dari foto still life dan fashion advertising yang sarat akan pesan kepada masyarakat untuk tetap menjalani gaya hidup yang aman ditengah kondisi pandemi ini.

Penyelenggaraan Virtual Fashion Exhibition ini tak lepas dari kerja keras mahasiswa dan tenaga pengajar dalam melaksanakan praktikum dengan berbagai keterbatasan saat ini. Virtual Fashion Exhibition dapat diakses melalui tautan https://instagram.com/sttt_fd18?igshid=24ebk6bcyv8 . (UCA/IN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X