Penghujung tahun 2021 telah di depan mata, esok hari berganti dengan tahun 2022 yang siap diisi dengan semangat dan karya nyata sebagai abdi negara. Tahun memang berganti, tapi semangat integritas dan semangat melayani tetaplah berada dalam diri civitas akademika Politeknik STTT Bandung. Integritas pada hakekatnya adalah keselarasan antara apa yang diucapkan dan apa yang dilakukan oleh seseorang. Integritas merujuk pada sifat layak dipercaya dalam diri seorang manusia yang didalamnya terdapat kualitas-kualitas individu seperti karakter jujur, amanah, tanggung jawab, kedewasaan, sopan, kemauan bersikap baik dan sebagainya.
Integritas merupakan faktor utama yang harus dimiliki oleh setiap pelaksana pelayanan publik. Pada dasarnya tujuan dari pelayanan publik itu sendiri adalah memuaskan masyarakat dimana untuk mencapai kepuasan tersebut dituntut kualitas pelayanan prima. Kualitas pelayanan itu sendiri dapat dimaknai bila pelayanan yang diterima masyarakat sesuai dengan yang diharapkan maka kualitas pelayanan akan dipersepsikan baik dan memuaskan, namun jika pelayanan yang diterima masyarakat lebih rendah dari yang diharapkan maka kualitas pelayanan akan dipersepsikan buruk. Oleh karena itu sangat lah penting nilai-nilai integritas dimiliki oleh pelaksana pelayanan publik. Meskipun fasilitas penunjang kurang, jika pemberi layanan berintegritas maka layanan akan terasa sepenuh hati dan dapat memuaskan masyarakat. Begitu pun sebaliknya, sebaik apapun fasilitas penunjang yang dimiliki tetapi jika pemberi layanan tidak berintegritas maka layanan juga tidak akan memuaskan masyarakat.
Nilai-nilai integritas dalam melakukan pelayanan publik tersebut diatas dapat dengan mudah kita temukan pada sosok Sahabat Inspiratif Tekstil kita bulan ini, yaitu Bapak Dindin Ahmad Dinuri yang sejak tahun 2017 hingga saat ini tercatat sebagai staf di Subbagian Akademik Politeknik STTT Bandung.
Bertanggungjawab, disiplin, konsisten, dan selalu memberikan usaha terbaik saat mendapat tugas adalah beberapa nilai integritas yang dapat di lihat pada diri Bapak Dindin yang bergabung dengan keluarga besar Politeknik STTT pada tahun 2013. Selain itu, pria yang bersuara berat jenis bas ini juga dikenal mudah bergaul, sopan, dan juga cepat dalam mempelajari hal-hal baru hingga sangat berkontribusi pada setiap amanat yang diberikan padanya. Satu hal lain yang menonjol dari Pak Dindin adalah penampilannya yang selalu rapi tak kenal waktu, pagi, siang, atau sore, Pak Dindin selalu tampak rapi. Ini ditunjang oleh gesture atau sikap tubuhnya yang selalu menunjukkan rasa hormat pada siapapun yang berinteraksi. Tak salah jika Pak Dindin juga terpilih sebagai pegawai berkinerja terbaik Politeknik STTT tahun 2021 pada kategori PPNPN.
Dengan menerapkan nilai-nilai integritas dalam melaksanakan tugas sehari-harinya sebagai pemberi pelayanan publik pada Subbagian Akademik, ini berarti Pak Dindin sekaligus juga telah mengaktualisasikan moto pelayanan Politeknik STTT Bandung, yaitu PROMISE – Profesional Melayani Sepenuh Hati dalam dirinya. Apa yang telah dilakukan Pak Dindin adalah sesuai dengan tujuan jangka panjang zona integritas yaitu meningkatkan kualitas pelayanan publik yang bebas dari korupsi.
Last but not least, bahwa integritas merupakan salah satu solusi untuk mereduksi resiko perilaku korupsi pada pemberi layanan. Mudah – mudahan semua hal dan nilai baik yang ditunjukkan oleh Pak Dindin bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjalani tahun 2022 mendatang. Terus maju Pak Dindin….Terus maju Politeknik STTT Bandung!