Hallo happy people…

Kalian udah pada tahu belum sih, koperasi itu apa? dan KOPMA itu apa sih?

Menurut UU. 25 tahun 1992, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas kekeluargaan. Nah, sedangkan KOPMA adalah kependekan dari Koperasi Mahasiswa yang merupakan Koperasi yang pada umumnya yang terdiri dari pengurus, badan pengawas dan anggotanya adalah mahasiswa.

 

Lalu KOPMA STTT itu apa yaaa?

Sesuai dengan pengertian KOPMA diatas, maka Koperasi Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (KOPMA STTT) merupakan koperasi yang dijalankan oleh mahasiswa Politeknik STTT Bandung, dan KOPMA STTT merupakan salah satu organisasi independen yang berada di Kampus Politeknik STTT Bandung. KOPMA STTT bersifat independen karena memiliki badan hukum sendiri tanpa mengacu pada pihak eksekutif di kampus Politeknik STTT Bandung.

KOPMA STTT didirikan pada tanggal 18 Agustus 1998 dan disahkan pada tanggal 2 Desember 1998 dengan visi, menjalankan peran dan fungsinya harus menekan pada aspek pengkaderan secara stimultan, serta melakukan usaha-usaha yang sesuai dengan semangat dan prinsip-prinsip dasar koperasi secara umum.

Berbicara tentang kepengurusannya, KOPMA STTT dipimpin oleh seorang direktur dan di dalamnya terdapat 3 manajemen, yakni Manajemen Administrasi dan Keuangan, Manajemen Usaha dan Manajemen Pengembangan Umum.

Manajemen Administrasi dan Keuangan merupakan suatu bidang yang didalamnya mengurusi semua perihal mengenai peradministrasian KOPMA STTT, menjadi notulensi rapat, menyimpan arsip-arsip surat, menyimpan arsip-arsip keuangan, membuat neraca keuangan, dan tentunya yang mengatur alur keuangan KOPMA STTT.

Lalu untuk menunjang segala kebutuhan anggotanya, Manajemen Usaha KOPMA STTT memiliki 3 usaha yaitu minikafe, toko, dan ATK (Alat Tulis Kampus). Pada usaha Minikafe, kami menjual makanan berat seperti nasi goreng, nasi rendang, nasi bento dan burger. Selain itu kami juga menjual ice cream dan aneka minuman. Minikafe KOPMA STTT terletak di Kantin Politeknik STTT Bandung. Lalu pada usaha toko, KOPMA STTT menjual aneka makanan ringan dan minuman seperti snack, biskuit, keripik, air mineral, kopi, susu, dan masih banyak lagi. Lokasi toko KOPMA STTT berbeda dengan minikafe, yakni di Student Center (SC). Sedangkan ATK (Alat Tulis Kampus) merupakan bidang usaha yang bergerak dalam memenuhi kebutuhan alat tulis mahasiswa seperti pensil, pulpen, buku, dan lain-lain. Lokasi usaha ATK bersatu dengan usaha toko, yakni di SC. Hal yang dapat diambil dari manajemen usaha ini, kita dapat belajar mengenai bagaimana cara melayani konsumen yang baik, cara memasarkan yang baik, dan tentunya cara berwirausaha.

Sedangkan Manajamen Pengembangan Umum terdiri dari 3 bidang yakni, bidang Pengembangan Sumber Daya Pengurus dan Anggota (PSDPA), hubungan luar dan rekrutmen. Pada manajemen ini kita dapat memperbanyak relasi, berinteraksi dengan alumni hingga dengan seluruh anggota KOPMA STTT. Manajemen ini juga yang mengadakan acara-acara seperti seminar, perayaan ulang tahun, studi banding dan masih banyak lagi, hal tersebut dilakukan untuk kepentingan pengurus dan anggota KOPMA STTT. Salah satu contohnya adalah pelaksaan DIGGIE MARK 21, yang menandai puncak perayaan ulang tahun KOPMA STTT yang diikuti dengan kegiatan seminar yang bertujuan untuk melatih pola pikir dan mengasah kreativitas anggota terkait dengan semakin maraknya digital marketing. Seminar ini menghadirkan pemateri dari Google Gapura Digital. Selain itu DIGGIE MARK menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi antara anggota, pengurus, rekanan dan alumni KOPMA STTT.

Apa saja prestasi yang telah didapatkan KOPMA STTT selama ini?

Salah satu prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh KOPMA STTT adalah penghargan sebagai Koperasi Berprestasi Terbaik Ke-3 untuk kategori Koperasi Mahasiswa pada tanggal 2 Agustus 2019 dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-72.

Selain belajar semua hal tentang koperasi sebagai salah satu penggerak roda ekonomi nasional, di KOPMA STTT kita memiliki kesempatan untuk belajar mengenai berbagai hal, seperti : mengelola organisasi, administrasi, keuangan, dan tentunya berwirausaha. Tentunya masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapat kalau brgabung dengan KOPMA STTT.

Untuk informasi lebih lanjutnya bisa langsung temui kita ya di SCĀ  dan jangan lupa cek instagram kami di @kopmadevelopment.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X