Kegiatan Sosialisasi PKL kepada Industri dan Mahasiswa secara Daring

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan bagi mahasiswa semester 7 Politeknik STTT Bandung  adalah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). PKL merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman bekerja pada mahasiswa, sehingga setelah menyelesaikan studinya mahasiswa tidak asing dengan kondisi dunia kerja.

Sasaran dari kegiatan PKL adalah mahasiswa mampu mendapatkan 4 kompetensi utama, yakni :

  1. Perencanaan produksi,
  2. Proses produksi,
  3. Pengendalian mutu, dan
  4. Maintenance yg berhubungan dengan industri tekstil, garmen dan fashion.

Untuk memenuhi kompetensi di atas, pelaksanaan PKL diselenggarakan selama 64 hari kerja di industri. Pelaksanaan PKL ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik serta memenuhi standar kompetensi yang diharapkan oleh Perguruan Tinggi dan Industri meski di tengah kondisi yang tidak ideal seperti saat ini.

Kegiatan Sosialisasi PKL kepada Industri dan Mahasiswa secara Daring

Pada tanggal 10 Juli 2020, Politeknik STTT Bandung telah melaksanakan sosialisasi PKL dengan industri secara online melalui aplikasi ZOOM Sebanyak 41 peserta menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, yang terdiri dari perwakilan industri tekstil, garmen dan fashion, akademisi, serta perwakilan IKA Alumni. Sosialisasi dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan mekanisme pelaksanaan PKL dan menjaring industri yang bersedia menjadi tempat PKL bagi mahasiswa Politeknik STTT Bandung. Dalam kondisi pandemi saat ini, beberapa industri masih berkomitmen untuk tetap menerima PKL bagi mahasiswa Politeknik STTT dengan menerapkan protokol kesehatan. Beberapa industri lainnya melakukan penyesuaian dengan mengurangi durasi waktu pelakasanaan PKL menjadi lebih padat dan singkat.

Selain kegiatan dengan industri, sosialisasi juga dilakukan pada mahasiswa khususnya angkatan 2017. Mahasiswa angkatan 2017 yang dapat melaksanakan PKL berdasarkan persyaratan akademik sebanyak 293 orang. Kegiatan sosialisasi pada mahasiswa dilakukan pada tanggal 15 Juli 2020 bertujuan untuk memberikan arahan tentang kegiatan PKL yang akan dilakukan pada Bulan September sampai dengan Desember tahun 2020. Arahan yang diberikan antara lain persyaratan PKL dalam kondisi new normal, yaitu :

  • Izin tertulis dari orang tua
  • Telah melaksanakan rapid test
  • Surat keterangan bebas covid-19
  • Mematuhi protokol kesehatan di tempat PKL
  • Bimbingan dengan dosen pembimbing secara online
  • Selama PKL tinggal di sekitar tempat PKL untuk menghindari menggunakan kendaraan umum
  • Dapat melaksanakan PKL di IKM atau lembaga berkaitan dengan tekstil, garmen atau fesyen apabila tidak ada industri tekstil besar di daerah tempat tinggal

Politeknik STTT Bandung terus berupaya menyelenggarakan kegiatan akademik, dalam hal ini khususnya kegiatan PKL agar dapat terlaksana sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Demikianpun berbagai penyesuaian serta kebijakan dibuat untuk mempermudah para mahasiswa dalam mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan PKL. (IF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X