Integritas (integrity) adalah bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi, walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukannya. Secara sederhana, integritas menunjukkan keteguhan sikap, menyatunya perbuatan dan nilai-nilai moral yang dianut oleh seseorang. Integritas adalah bekal utama bagi setiap pegawai dalam menjalankan tugasnya. Pembangunan integritas pegawai di unit kerja  merupakan bagian dari pembangunan Zona Integritas. Integritas ASN merupakan faktor kunci dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif dan efisien, serta peningkatan kualitas pelayanan bagi masyarakat.

Asep Hadian Sudrajat Ganidisastra adalah salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Politeknik STTT Bandung yang telah mendedikasikan waktu, tenaga, pikiran dan ilmunya untuk pengembangan Politeknik STTT Bandung, khususnya di Sub Bagian Akademik. Bergabung dengan Politeknik STTT Bandung sejak 2008, Pak Hadi, demikian beliau akrab disapa, adalah orang yang tidak mengenal waktu dalam pengembangan teknologi informasi Sistem Informasi Manajemen Akademik (SIMAK) di kampus tercinta kita. Berbagai macam fitur-fitur baru terus beliau kembangkan dalam aplikasi SIMAK sebagai bentuk respon cepat terhadap kebutuhan pada pelayanan akademik.

Pandemi yang  lebih dari setahun lalu mulai dan belum usai hingga sekarang, secara signifikan telah mengubah pola perkuliahan tatap muka di Politeknik STT Bandung menjadi perkuliahan daring. Hal ini tentu turut pula mengubah pola pelayanan dan budaya kerja terutama pada Sub Bagian Akademik. Berbagai layanan perkualiahan yang sebelumnya diberikan secara langsung, tidak bisa lagi diterapkan karena berbagai keterbatasan dalam masa pandemi ini. Sub Bagian Akademik dituntut segera menyesuaikan diri dengan kondisi ini agar pelayanan akademik dan kegiatan perkuliahan dapat terus berlangsung dan berjalan dengan baik. Pak Hadi, berinovasi dengan ide-idenya dan menuangkannya menjadi fitur-fitur baru dalam SIMAK yang dapat mengcover sebagian besar kegiatan akademik menjadi dapat dilakukan secara online, seperti pelayanan akademik, pendaftaran sidang dan berbagai bebas adminstrasi, penerimaan mahasiswa baru dan masih banyak fitur lainnya. SIMAK menjadi portal terintegrasi untuk berbagai pelayanan akademik, baik untuk mahasiswa maupun dosen, dan mengintegrasikan layanan dari berbagai bagian yang berhubungan dengan pelayanan akademik. Hal ini tentu sangat membantu dalam Pelayanan Akademik bagi mahasiswa, dan ini sebagai bentuk komitmen Sub Bagian Akademik umumnya, dan Pak Hadi khususnya, dalam meningkatkan kualitas layanan dengan cara memberikan kemudahan dan kecepatan akses pelayanan. Kompetensi beliau dalam hal Teknologi Informasi memang tidak perlu diragukan, didukung dengan keilmuan yang beliau dapatkan dari Universitas Padjajaran (S1) dan Institut Teknologi Bandung (S2), Pak Hadi terus melakukan continuous improvement terhadap SIMAK ke arah yang lebih baik dan menjadikan aplikasi SIMAK semakin mudah, lengkap dan user friendly.

Memang, masih banyak pekerjaan rumah bagi Pak Hadi dan kita semua dalam mendukung pengembangan sistem informasi di Politeknik STTT Bandung. Namun demikian sebagai sosok sahabat inspiratif, kita dapat belajar dari beliau dalam hal integritas, kegigihan berinovasi dan mengaplikasikan ide-idenya menjadi karya nyata (output) dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang menjadi tanggung jawabnya, yang memberikan manfaat dan kemudahan bagi banyak orang. Keep on going Pak Hadi. We will walk hand in hand for a better Politeknik STTT Bandung.

(2) Comments

  • wari 2021-08-30 @ 17:58

    Apresiasi tertinggi adl saat hasil karya di hargai. Pa hadi mmg pantes mendapat kan apresiasi ini. selama saya bekerjasama dgn beliau, kapan pun dibutuhkan selalu siap, beliau bekerja tdk hitung2 an dan tdk mengenal waktu. kalau mmg mampu dikerjakan akan pa had kerjakan. bravo pa hadi. salam sehat selalu dan semakin sukses di dunia dan akhirat . aamiin

  • Tina Martina- 2021-09-03 @ 12:06

    Semoga kreativitas dan bekerja tanpa terbatas ruang dan waktu dapat menginspirasi teman-teman untuk bersama-sama mengembangkan Institusi tercinta Politeknik STTT Bandung. Mari kita tebarkan Energi Positif di bagian masing-masing.
    ————-Selalu Bersemangat pak Hadi ….dari senyumnya tergambar sifat humble dan semangatnya———————————
    .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X