Pelaksanaan kegiatan perkuliahan teori dan praktikum Jurusan Produksi Garmen di Politeknik STTT Bandung pada semester ganjil TA 2020/2021 ini masih dilakukan secara jarak jauh. Hal tersebut merujuk kepada anjuran pemerintah yang belum memperbolehkan kegiatan perkuliahan secara tatap muka untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19. Karena itu, perkuliahan dual system yang biasanya dilakukan sistem blok dimodifikasi menjadi sistem regular karena beberapa alasan, terutama agar dapat mengurangi jumlah penggunaan kuota internet untuk proses pembelajaran.

Berbagai inovasi pun perlu dikembangkan oleh para dosen dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh ini. Media perkuliahan daring yang sebelumnya menggunakan platform Vcon, saat ini juga memanfaatkan media pembelajaran lainnya untuk mendukung pencapaian pemahaman mahasiswa seperti : Google Meet, Google Classroom, Zoom Meeting, maupun Youtube. Alternatif ini dilakukan agar mahasiswa dan pengajar dapat melakukan interaksi dua arah dengan lebih baik.

Youtube Prodi Produksi Garmen

Pada pelaksanaan perkuliahan teori maupun praktik, penyampaian materi sering kali mengalami kendala seperti kesulitan waktu mengajar, perbedaan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan, hingga kesulitan melakukan evaluasi terhadap hasil kerja mahasiswa tanpa bukti fisik. Untuk menyiasati kesulitan yang dialami, Ketua Jurusan berkoordinasi dengan para Kepala Laboratorium untuk memfasilitasi pembuatan video praktikum dan menyediakan beberapa alat dan bahan kegiatan praktikum yang dapat dikirimkan kepada mahasiswa. Alat dan bahan praktikum dikirimkan melalui ekspedisi sehingga mahasiswa yang kesulitan mendapatkan alat dan bahan tersebut tetap dapat melaksanakan perkuliahan praktikum di tempat tinggalnya.

Pada pelaksanaan perkuliahan daring banyak hal-hal menarik yang dialami mahasiswa diantaranya, ketika mahasiswa dihadapkan dengan tugas-tugas mata kuliah yang berbeda dengan deadine yang hampir bersamaan sehingga grup whatsapp mahasiswa ramai mendiskusikan tugas mata kuliah yang berbeda. Selain itu, kesulitan jaringan di beberapa daerah mengharuskan mahasiswa  belajar di luar rumah seperti di depan minimarket demi mendapatkan jaringan internet yang lebih baik.

Selain kendala yang dialami, ada pula sisi positif dari perkuliahan dengan metode daring. Mahasiswa diberikan tugas-tugas mandiri untuk meningkatkan pemahaman mata kuliah yang didukung dengan video yang dibuat oleh tim pengajar serta tambahan pengetahuan terutama dibidang teknologi. Video-video pembelajaran yang telah dibuat dan diunggah di YouTube bisa menjadi alternatif untuk memudahkan mahasiswa dalam mengakses materi pembelajaran kapanpun dan dimanapun apabila ada materi yang dirasa belum dipahami saat perkuliahan berlangsung. (PWS/UCA/IN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X