Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri atau disingkat Kelatnas Indonesia Perisai Diri adalah organisasi olahraga beladiri yang didirikan oleh R.M. Soebandiman Dirdjoatmodjo pada tanggal 2 Juli 1955 di Surabaya, Jawa Timur. Kelatnas Indonesia Perisai Diri merupakan salah satu anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), induk organisasi resmi pencak silat di Indonesia di bawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Teknik silat Perisai Diri mengandung unsur 156 aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia ditambah dengan aliran Shaolin (Siauw Liem) dari negeri Tiongkok. Pesilat diajarkan teknik beladiri yang efektif dan efisien, baik tangan kosong maupun dengan senjata. Metode praktis dalam Perisai Diri adalah latihan serang hindar, sehingga menghasilkan motto “Pandai Silat Tanpa Cedera”.

Pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Perisai Diri Politeknik STTT Bandung (PD Tekstil) adalah bentuk pelestarian budaya Indonesia. PD Tekstil didirikan oleh tiga orang mahasiswa yaitu kang Didin, Kang Hastadi dan Kang Hari pada tahun 1989. PD Tekstil sempat mengalami kevakuman pada tahun ditahun 2000. PD Tekstil kembali bangkit dan kembali menunjukkan eksistensinya pada tanggal 24 November 2013, momentum kebangkitan ini digagas oleh Kang Hardian, Kang Didin, Kang Hastadi dan Teh Ati.

Setidaknya ada dua kegiatan utama PD Tekstil yaitu latihan rutin yang dilaksanakan 2 kali dalam seminggu dan  Ujian Kenaikan Tingkat. Selain dua kegiatan utama tersebut, kegiatan lainnya adalah : malam keakraban untuk meningkatkan persaudaraan antar anggota dan loyalitas terhadap organisasi, latihan gabungan bersama kampus lain atau Perisai Diri cabang Bandung untuk menjalin silaturahim. Hal lainnya yang tak kalah menantang adalah latih tanding (sparing partner) dengan Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos).

Beberapa capaian prestasi PD Tekstil adalah :

  1. Juara 1 Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) 2020 cabor Pencak Silat katergori tunggal Putera
  2. Juara 3 OPTK 2020 cabor Pencak Silat Katergori tanding kelas A putera
  3. Juara 3 OPTK 2020 cabor Pencak Silat Katergori tanding kelas A puteri
  4. Juara 2 OPTK 2019 cabor Pencak Silat Katergori tanding kelas A putera
  5. Juara 3 kejuaran silat Pakubumi Open tingkat Asia 2019 – Eropa kelas A Puteri
  6. Juara 2 kejuaran silat Pakubumi Open tingkat Asia 2019 – Eropa kelas B Puteri
  7. Juara 3 kejuaran silat Pakubumi Open tingkat Asia 2019 – Eropa kelas C Puteri
  8. Juara 3 kejuaran silat Pakubumi Open tingkat Asia 2019 – Eropa kelas D Puteri

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X