Dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga eksekutif di Politeknik STTT Bandung, Himpunan Mahasiswa Teknik Tekstil Politeknik STTT Bandung (Himatteks) dituntut agar dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa Teknik Tekstil yang terkait dengan akademik maupun non-akademik. Guna memenuhi kebutuhan mahasiswa secara akademis, Himatteks berhasil menciptakan dan mengembangkan sebuah aplikasi penunjang kuliah mahasiswa bernama SATE (Smart Application Textile Engineering) yang menyediakan beragam materi perkuliahan dan jurnal ilmiah yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai sumber referensi dalam penyusunan tugas kuliah atau penulisan tugas akhir. Hal ini sesuai dengan pernyataan Ketua Departemen Pendidikan Himatteks Periode 2019-2020, Wilujeng Chyntia “Saya bersama rekan-rekan di Himatteks telah mengupayakan kelengkapan sajian pada aplikasi SATE melalui beberapa perbaikan dan penenambahan referensi, besar harapan bisa membantu mahasiswa Teknik Tekstil”

Selain itu Ketua Umum Himatteks Periode 2019 – 2020, Hogan Agisa berharap adanya SATE ini bisa mempermudah mahasiswa mendapatkan dan mengulas kembali materi perkuliahan melalui smartphone sehingga lebih fleksibel karena lebih mudah diakses di mana saja dan kapan saja. SATE merupakan buah kerja keras dari beberapa periode kepengurusan Himatteks, mulai dari penyusunan konten hingga kini tersedia di Google Play Store dan dapat diakses oleh masyarakat umum yang memiliki ketertarikan terhadap ilmu tekstil, khususnya Teknik Tesktil yang mempelajari teknik pembuatan benang dan kain. Aplikasi Smart Application Textile Engineering (SATE) dapat ditemukan dengan menggunakankata kunci pada kolom pencarian “SATE by Himatteks”.

SATE juga merupakan bentuk apresiasi Himatteks kepada para alumni yang telah mencipkatan Smart Ebook Textile Engineering sebagai cikal bakal SATE. “Tugas kita bersama untuk terus berinovasi dan mengembangkan aplikasi ini agar memiliki fitur yang lebih lengkap”, pungkas Hogan.

Keberadaan SATE diakui sangat membantu mahasiswa Politeknik STTT Bandung, seperti testimoni dari Bagas Setyo Nugroho (mahasiswa Teknik Tekstil 2016) yang mengungkapkan kepuasannya “SATE membantu saya dalam memahami materi kuliah, karena telah memuat rumus-rumus penting yang sering digunakan.” Ia juga berharap SATE mampu menyediakan fitur video yang membahas materi perkuliahan atau contoh-contoh soal yang biasa dipelajari baik pada mata kuliah teori maupun praktek ” Tutur Bagas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X