Unit Taekwondo Tekstil atau yang disingkat dengan UTT bergerak dalam bidang bela seni bela diri Taekwondo. Kemunculan UTT bermula era 80-an yang dikenal sebagai Taekwondo ITT yang pada saat itu masih berbentuk organisasi independen. Taekwondo ITT sempat mengharumkan nama ITT (INstitut Teknologi Tekstil) pada ajang Walikota Cup Bandung dan kejuaraan nasional mahasiswa se-Indonesia dan pernah mengalami masa vakum pada tahun 2001 hingga 2004.

Dipenghujung 2005 tepatnya tanggal 30 September, Kang Bandar dan Kang Wanda Sudjarwana merintis kembali kebangkitan Taekwondo di STTT (Sekolah Tinggi Tenologi Tekstil) dibantu oleh dua orang rekan seperjuangannya yaitu Kang Afif dan Teh Dwi untuk membangkitan kembali Taekwondo Tekstil dengan nama baru, yaitu Unit Taekwondo Tekstil (UTT). Satu tahun kemudian UTT diresmikan oleh BEM sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) resmi di lingkungan STT Tekstil pada tanggal 11 September 2006. Tahapan penting berikutnya adalah pada tanggal  22 September 2019 UTT secara resmi terdaftar di Kepengurusan Cabang (Pengcab) Bandung berubah dari TNG-STTT menjadi UTT-STT Tekstil

UTT selama ini telah menunjukan eksistensinya melalui berbagai penghargaan yang diraih dalam berbagai kejuaraan di tingkat regional atau nasional, seperti Walikota Cup, IT Telkom Cup Taekwondo, Polban Cup, Ganesha Taekwondo Cup, National Taekwondo Championship, serta kejuaraan lainnya.

Tidak hanya sebagai kontestan dalam berbagai kejuaraan saja, UTT pun ikut berpartisipasi sebagai panitia kejuaraan yang diselenggarakan di Bandung seperti Walikota Cup, Bandung Pandawa Taekwondo Championship, Bandung Taekwondo International Invite (BTII), dan kejuaraan lainnya.

Pengalaman sebagai kontestan dan panitia dalam berbagai kejuaraan menimbulkan dampak yang baik, UTT bertekad untuk mampu menyelenggarakan kejuaraan taekwondo sendiri atas nama kampus STT Tekstil pada bulan April tahun 2014 dan 2015 melalui event STTTekstil Taekwondo Championshion tingkat Kota Bandung. Kemudian dilanjutkan pada tpada bulan November 2016 dengan nama Bandung Textile Taekwondo Open (BTTO) tingkat Jawa Barat.

 

Beberapa prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh UTT adalah ::

  1. Medali Perak Senior Putra U-54 Piala Walikota Bandung 2018
  2. Medali Perak Senior Putra U-68 Piala Walikota Bandung 2018
  3. Medali Perak Senior Putri U-62 ITN Open III 2019
  4. Medali Perunggu Senior Putri U-53 ITN Open III 2019
  5. Medali Perunggu Senior Putra U-54 ITN Open III 2019
  6. Medali Perak Poomsae ITN Open III 2019
  7. Medali Perunggu Senior Putri U-46 Piala Walikota Bandung 2019
  8. Medali Perunggu Senior Putra U-54 Piala Walikota Bandung 2019
  9. Medali Perunggu Senior Putra U-58 Piala Walikota Bandung 2019
  10. Medali Perak Senior Putra U-68 Piala Walikota Bandung 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X